20 Juni 2010

Bagian-bagian roket

Komponen utama roket terdiri dari empat bagian yaitu rangka (structure sistem), Beban (payload system), sistem pemandu (guidance system) dan sistem propulsi (propultion system).
  • Rangka atau badan roket (rocket frame) terbuat dari bahan yang kuat tetapi ringan seperti titanium dan aluanium, karena rangka berfungsi sebagai pelindung . Badan roket ini juga dilapisi dengan lapisan kusus untuk melindungi nya dari panas yang berlebihan saat menembus atmosfir bumi dan juga untuk melindungi dari dingin yang berlebihan. Sirip di pasang pada bagian bawah roket untuk menjaga stabilitas selama peluncuran.
  • Sistem beban merupakan tempat untuk membawa wahana. Jadi sistem ini tergantung pada misi yang di emban roket. Jika untuk mengorbitkan satelit, maka rancangannya pun harus disesuaikan. Gambar di atas merupakan sistem beban V2 Jerman yang berisi bahan peledak.
  • Sistem pemandu (guidance system) merupakan alat yang digunakan untuk mengarahkan/mengontrol roket sampai tujuan. Sistem pemandu roket ini dilengkapi dengan sensor, komputer, radar, dan alat komunikasi.beragam jenis metode telah digunakan untuk sistem ini. roket moderen memiliki kemampuan untuk menggerakan nozzle agar dapat bermanuver.
  • Sistem propulsi (propultion system) adalah mesin yang digunakan sebagai tenaga pendorong roket. Sistem propulsi roket secara garis besar menggunakan roket berbahan bakar padat dan roket berbahan bakar cair. sistem propulsi roket V2 terdiri dari tangki oksidasi, pompa, bilik pembakaran dan nozel.
seperti yang kamu lihat gambar diatas, sebagian besar bagian2 roket terdiri dari sistem propulsi. ini dimaksudkan agar roket dapat meluncur dengan ketinggian maksimal diudara. mengenai sistem propulsi akan dijelaskan lebih lanjut kapan2.

    0 komentar |:

    Poskan Komentar

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.